Connect with us

Subscribe

Originals

Anda Seorang Social Media Marketer!

Tidak ada ketentuan tertentu dalam menulis caption, semua terserah kita sebagai pengguna

Photo by Jakob Owens on Unsplash

Istilah-istilah Instagram yang harus anda ketahui.

Impression. Impressions dalam Instagram menunjukkan berapa kali foto, video, atau cerita anda dilihat. Jumlah ini termasuk setiap kali pengguna melihat posting anda saat menggulir feed mereka, mengklik profil bisnis anda untuk melihat foto, dan melihat konten anda melalui Instagram Direct. (Frekunsi berapa kali konten dilihat oleh pengguna Instagram)

Reach. Jumlah pengguna Instagram yang melihat konten/postingan mu.

Engagement. Tingkat keterlibatan pengguna pada postingan kamu, mulai dari pemberian likes, berkomentar, sampai menyimpan postingan kamu.

Activity Feed. Istilah ini berarti pemberitahuan. Di dalam activity feed tersebutlah terdapat pemberitahuan mengenai apa yang dilakukan oleh IGers terhadap akun kita, seperti misalnya mention username kita, memberi like atau komentar pada postingan kita, dan lain-lain.

Bio. Singkatan dari Biography, yang mengacu pada keterangan singkat mengenai diri kita sebagai seorang pengguna Instagram, Fungsi Bio agar orang mengetahui seperti apa gambaran anda.

Caption. merupakan deskripsi atau keterangan tentang post yang kita kirimkan. Di dalam caption kita juga bisa memuat hashtag. Tidak ada ketentuan tertentu dalam menulis caption, semua terserah kita sebagai pengguna. Ada baiknya caption yang kita tulis tidak mengandung sesuatu yang berbau SARA. Selalu gunakan caption yang baik dan jika bisa dapat memberikan inspirasi kepada orang lain. Biasanya caption di barengi dengan Hashtag dan atau Tag.

Hashtag. Tulisan yang diawali dengan simbol “#” biasanya dibilang sebagai tanda pagar. Funsi hashtag bisa untuk membuat tren, spesifikasi, atau pengelompokan serta pengerucutan bidang tertentu. Gunakanlah fitur hashtag sebagaimana mestinya jika kita ingin memposting sesuatu. Selain itu hashtag berguna juga bagi seorang social media marketing untuk mengidentifikasi suatu campaign.

KOL (Key Opinion Leader). Individu yang ide, ucapan dan kontennya diyakini oleh orang-orang (netizen) berpengaruh positif. Maka dari itu, semua brand harus teliti dalam memilih influencer untuk produk mereka.

News Feed. Istilah mengacu pada post terbaru dari akun IG yang kita follow dan dapat kita lihat di bagian beranda dengan tanda rumah, di bagian kiri bawah. Di news feed inilah semua aktivitas pengguna akun yang diikuti dapat kita ketahui secara langsung.

Taps Backward.  Frekuensi audiens kamu mengetuk kembali untuk pergi ke cerita sebelumnya.

Taps Forward. Frekuensi audiens kamu mengetuk maju untuk pergi ke cerita berikutnya.

Replies. Frekuensi pengguna membalas atau mengirimkan komentar ke kamu.

Exits. Frekuensi pengguna menggesek ke bawah untuk keluar dari mode cerita dan kembali ke layar sebelumnya.

Sign Up for Our Newsletter

Lyna Ana
Written By

Lyna Ana is a blogger and a freelancer.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Strategi Bisnes Yang Saya Sedang Lakukan Untuk Kekal Relevan Tahun Ini

Azleen Abdul Rahim

Bagaimana Adam Menjayakan Bisnes Atas Talian Tanpa Pengalaman

Azleen Abdul Rahim

Pemasaran Digital Di Malaysia: Ramai Yang Tidak Sanggup Bayar Tetapi Sangat Perlukan Bantuan

Azleen Abdul Rahim

Adakah Pemasaran Affiliate Satu Strategi Pendapatan Pasif?

Azleen Abdul Rahim

Connect
Sign Up for Our Newsletter