fbpx
Connect with us

Subscribe

Marketing

Bagaimana Influencer di Instagram Dapat Membantu Mempertahankan Pelanggan

Inilah cara Anda untuk dapat mempertahankan pelanggan dengan mengoptimalkan kampanye influencer Instagram Anda.

Retensi pelanggan sekarang lebih penting dari sebelumnya. Karena ekonomi menjadi lebih dinamis dan seringkali tidak dapat diprediksi, mereks perlu menjaga loyalitas pelanggan dan memastikan keterlibatan untuk setiap kemungkinan pembelian di masa depan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan bantuan influencer Instagram. Inilah cara Anda untuk dapat mempertahankan pelanggan dengan mengoptimalkan kampanye influencer Instagram Anda.

  1. Mendapatkan Kembali Kepercayaan dan Minat dari Pelanggan

Pada saat seperti ini, pelanggan berpikir dua kali sebelum membeli produk. Namun, influencer dapat dan akan memberi mereka kepastian ekstra yang mereka butuhkan sebelum melakukan pembelian. Ini berasal dari ulasan influencer dan perspektif mereka yang berbeda saat menampilkan produk Anda. Influencer yang dianggap dapat dipercaya oleh pengikut mereka akan menambah kredibilitas merek Anda.

Meskipun bukan pembelian yang Anda cari, influencer memberikan wawasan baru dan berbeda tentang merek Anda yang akan membantu mereka mengingat tentang merek Anda. Ini akan memberi mereka alasan untuk terus mengikuti akaun Instagram Anda dan tetap tertarik dengan apa yang ditawarkan merek Anda.

  1. Meningkatkan Percakapan dengan Pelanggan

Influencer biasanya memiliki cara sendiri untuk membuat penggemar tetap terlibat. Secara umum, influencer memiliki keterlibatan Instagram yang lebih tinggi daripada merek karena persona manusiawi mereka lebih dapat diterima daripada akun merek. Inilah sebabnya mengapa lebih banyak pengguna membalas dan mengomentari posting influencer. Percakapan yang didorong oleh postingan influencer Instagram, teks, dan lainnya dapat membantu mendorong percakapan tentang merek dan produk Anda juga. Ini akan membantu Anda diingat dan kualitas produk Anda lebih dikenal oleh target pasar Anda.

  1. Mudah Beradaptasi dengan Perubahan Pelanggan

Meskipun branding Anda sebagian besar tetap sama, influencer dapat menyesuaikan nada, tata krama, dan konten mereka agar lebih dapat diterima oleh pelanggan. Jadi, meski butuh beberapa saat bagi merek untuk beradaptasi dengan gaya baru dan percakapan baru yang terjadi di media sosial, influencer dapat berbicara dengan cara yang relevan.

Misalnya, mereka bisa lebih blak-blakan berbicara tentang keterjangkauan pada saat itu adalah aspek yang sangat penting dalam membeli. Adaptasi mereka yang tinggi membuatnya lebih mudah menjadi relevan dan oleh karena itu juga akan membuat merek Anda relevan saat melakukannya.

  1. Memberikan Target Pelanggan yang Tepat

Instagram biasanya memiliki kelompok penggemar yang setia kepada mereka dan berlangganan gaya tertentu dalam konten dan bahkan cara berbicara. Grup penggemar ini juga menunjukkan kompatibilitas mereka dengan merek atau produk Anda. Misalnya, penggemar fashion influencer tertentu kemungkinan besar akan senang melihat merek yang memiliki gaya busana serupa atau bahkan akan membeli barang serupa.

Memilih influencer yang tepat yang memiliki keterlibatan Instagram tinggi berarti memasarkan merek Anda kepada orang-orang yang benar-benar menikmati merek Anda, dan kecil kemungkinannya untuk berhenti terlibat dengan Anda di masa mendatang. Mempertahankan audiens seperti itu akan jauh lebih mudah karena mereka setia pada produk, gaya, dan mereka bersedia untuk terlibat dengan konten Anda.

  1. Social Listening dengan Instagram Analytics

Seperti yang disebutkan sebelumnya, berbicara dengan influencer lebih mudah daripada dengan merek. Pengguna dapat menyuarakan kekhawatiran, pertanyaan, atau bahkan keraguan mereka saat berbicara dengan influencer tentang suatu produk atau merek. Misalnya, mereka dapat menanyakan apakah produk tersebut aman untuk kondisi mereka, atau apakah produk tersebut sebanding dengan harganya. Pertanyaan dan percakapan ini adalah alat penting dalam mendengarkan sosial dan menganalisis kampanye Instagram.

Melalui komentar atau pertanyaan Instagram Story, Anda dapat melihat apa saja komentar paling populer yang dibuat orang sehingga menginspirasi Anda untuk menyesuaikan produk Anda dengan kebutuhan tersebut.

Kesimpulan

Influencer akan mempermudah Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Lebih mudah bagi pelanggan untuk melakukan percakapan dengan influencer, dan pada saat seperti ini, ini akan sangat membantu merek dan produk Anda untuk terhubung kembali dan memahami pelanggan Anda dengan cara yang lebih baik, relevan, dan lebih baik.

Sign Up for Our Newsletter

Octavianus Rizky Aryanto

Octavianus is a Social Media Enthusiast. Follow him on Instagram and website.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Meluncurkan Giveaway Instagram Yang Efektif

Marketing

Four Digital Marketing Tips That Can Help Your Business Weather The Pandemic

Business Entrepreneurship

Social Media Marketing: Tips & Strategies To Gain New Customers

Marketing

An Email Marketing Strategy That You Can Learn While Watching The Hit South Korean TV Series Start Up

Marketing

Connect
Sign Up for Our Newsletter