fbpx
Connect with us

Subscribe

Marketing

TikTok Livestream Untuk Brand

Konten streaming dapat menarik pengikut baru dan mendapatkan kesadaran akan brand Anda

Meskipun TikTok populer dikenal karena melibatkan konten bentuk pendek, platform media sosial milik Bytedance juga mengejar kesuksesan keterlibatan serupa dalam konten bentuk yang lebih panjang dengan mendorong streaming langsung ke arus utama untuk pengguna umum dan bisnis.

Livestreams memperluas format ekspresi di ekosistem TikTok dengan mengaktifkan acara virtual dari pengguna mulai dari individu di kamar tidur mereka, hingga musisi, merek, atau LSM di acara publik. Berikut adalah beberapa tips dan trik tentang bagaimana Anda dapat memanfaatkan streaming langsung melalui aplikasi TikTok dan membuat audiens Anda tetap terlibat:

1. Sesi Tanya Jawab dengan Pengguna

Studi telah menunjukkan bahwa konten video dari YouTube adalah platform paling terpercaya untuk review produk oleh pengguna internet. Hal ini mendorong platform media sosial untuk mengembangkan konten video panjang dan meningkatkan ekosistem bisnis di media sosial.

Untuk mendapatkan kepercayaan pengguna dan membujuk mereka untuk membeli produk, banyak yang memanfaatkannya untuk mengadakan sesi Tanya Jawab di TikTok Live. Cara ini sangat populer terutama untuk brand kecantikan yang kerap mengandalkan tutorial untuk menarik konsumen. Kosmetik Elf, merek kecantikan yang terkenal dengan kampanye #EyesLipsFace di TikTok sebelumnya, telah melakukan dua streaming langsung terkait karantina COVID-19. Mereka meningkatkan acara streaming langsung mereka dengan bermitra dengan influencer, Yanina Oyarzo, dan memberikan tutorial yang menghibur dan interaktif yang juga berfungsi sebagai sesi QnA.

2. Siaran Pers

Setelah pandemi COVID-19, berbagai merek menormalkan acara online. Siaran pers menjadi salah satu acara yang diprediksi akan semakin sering digelar secara online. Untuk brand komersial, ini penting untuk tujuan seperti peluncuran produk.

Xiaomi, sebuah perusahaan teknologi China, baru-baru ini melakukan siaran pers live streaming untuk peluncuran produk terbarunya Xiaomi 10. Livestreaming sangat populer di kalangan e-commerce China, menjadikan Douyin sebagai pemain penting dalam boom live streaming. Faktanya, menurut iResearch, China akan memiliki 524 juta pengguna streaming langsung online.

3. Hiburan Livestream

Pada saat pesanan untuk tinggal di rumah, hiburan berbasis rumah semakin populer daripada sebelumnya. Livestream TikTok penuh dengan hiburan gratis, terutama konser. First Tube Media, sebuah perusahaan pemasaran yang berspesialisasi dalam pertunjukan live streaming brand, melaporkan telah melihat peningkatan pendapatan sebesar 300% dari tahun ke tahun dan permintaan yang tinggi untuk acara online.

Artis seperti Camila Cabello dan Meghan Trainor telah berpartisipasi dalam acara streaming langsung yang diselenggarakan oleh perusahaan seperti MasterCard. Jenis konten langsung ini sangat efektif mengingat antisipasi yang tinggi dan potensinya untuk memasukkan brand Anda dengan cara yang halus namun mudah diingat.

Konten streaming langsung yang bagus di TikTok jika direncanakan dengan baik dapat menarik pengikut baru dan mendapatkan kesadaran akan brand Anda. Kemitraan dengan artis dan influencer sering kali berperan dalam kesuksesan konten streaming langsung.

Sign Up for Our Newsletter

Octavianus Rizky Aryanto

Octavianus is a Social Media Enthusiast. Follow him on Instagram and website.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How to Use TikTok To Promote FnB Business

Marketing

5 Ways To Use Social Media For Your Business: B2B Edition

Business Entrepreneurship

How To Create More Money This 2021

Economy Finance

SME Capacity Building: Tips Of Building A Good Credit Record

Business Entrepreneurship

Connect
Sign Up for Our Newsletter