fbpx
Connect with us

Subscribe

Report

Ranking Universitas Indonesia Dengan Website & Media Sosial Terbaik

kami mengumpulkan 30 universitas-universitas besar di Indonesia, baik universitas negeri & juga swasta

Photo by Institut Teknologi Bandung, Indonesia

Oleh, Tim Content Marketing di RevoU

Mengapa menarik untuk mengetahui ini?

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, industri 4.0, dan juga situasi pandemic saat ini menuntut semua sektor untuk “Go Digital”. Saat ini, aset digital yang paling penting di sebuah organisasi untuk menyebarkan informasi & menerima masukan adalah website & juga media sosial resmi mereka.


Aset digital di atas menjadi lebih penting untuk universitas-universitas di Indonesia guna memastikan ratusan, bahkan ribuan mahasiswa aktif dan juga para calon mahasiswa mereka bisa tetap up to date & mengetahui apa yang saat ini sedang terjadi di kampus mereka. 

Mengapa RevoU?

Sebagai perusahaan rintisan di bidang Teknologi Edukasi (EduTech), kami ingin memahami lebih jauh siapa universitas di Indonesia yang memiliki website dan juga media sosial terbaik di Q1 2021. Selain itu kami juga melihat strategi apa saja yang dilakukan di masing-masing aset digital yang mereka miliki.

Elemen apa yang diteliti? 

Untuk melihat universitas di Indonesia yang memiliki kualitas website & media sosial terbaik, kami mengumpulkan dan membandingkan beberapa data di bawah ini:

  • Jumlah pengunjung website bulanan (SimilarWeb)
  • Jumlah pengikut di media sosial (Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube)
  • Jumlah konten di masing-masing media sosial tersebut
  • Strategi konten di media sosial universitas di Indonesia

Untuk riset kali ini, kami mengumpulkan 30 universitas-universitas besar di Indonesia, baik universitas negeri & juga swasta.

Pesan penting! Data ini akan terus kami perbarui setiap kuartal. Jika ada masukan untuk universitas lain yang harus dimasukan ke dalam daftar ini kami akan dengan senang hati menampungnya!

Berikut adalah temuan utama dari riset ini:

  • Universitas Negeri mendominasi 10 besar universitas dengan pengunjung website terbesar di Indonesia. 8 universitas negeri & 2 universitas swasta.
  • UGM & UI bersaing sengit di beberapa area:
    • Pengunjung bulanan website: #1 UGM (6.1 juta) & #2 UI (5 juta)
    • Jumlah pengikut di Instagram: #1 UGM (750 ribu) & #2 UI (680 ribu)
    • Jumlah pengikut di Twitter: #1 UI (1.2 juta) & #2 UGM (1.1 juta)
    • Jumlah pengikut di LinkedIn: #1 UI (214 ribu) & #2 UGM (153 ribu)
  • Jika ditotal, jumlah followers dari universitas-universitas di Indonesia paling banyak berada di Twitter (Total 6.8 juta). Instagram 50% lebih rendah (Total 3.8 juta)
  • UI, UGM, ITB, UNPAD, dan Brawijaya merupakan 5 universitas dengan jumlah pengikut LinkedIn terbesar di Indonesia
  • ITB (100K), ITS (64K), dan UGM (59K) menjadi 3 universitas dengan jumlah subscribers YouTube terbesar di Indonesia

Temuan Mendalam Jumlah Kunjungan Bulanan Websites (SimilarWeb)

  • Berdasarkan data dari SimilarWeb, rata-rata waktu yang orang habiskan diuntuk 5 website universitas dengan pengunjung bulanan terbanyak (UGM, UI, Binus, ITB, dan Brawijaya) adalah 5.5 menit.
  • 2 Universitas Swasta yang ada di posisi 10 besar berdasarkan jumlah pengunjung bulanan website adalah #4 Binus University (4.3 juta pengunjung/ bulan) & #9 Telkom University (1.8 juta pengunjung/ bulan)
  • 26 Universitas dengan jumlah pengunjung bulanan website terbesar saat ini berada di pulau Jawa. Sisanya tersebar di Sumatra (2), Bali (1) dan Sulawesi (1).
  • Berdasarkan data dari Ahrefs, selain laman utama (Homepage) website yang biasanya mendapatkan organic traffic terbesar, ada beberapa laman di website UI, UGM, dan ITB yang mendapatkan organic traffic yang lumayan tinggi:

Temuan Mendalam di Instagram

  • UGM memiliki jumlah pengikut terbanyak di Instagram dengan total 750 ribu pengikut. Salah satu strategi konten yang dilakukan adalah membuat konten seperti UGM Sepekan untuk merangkum apa saja informasi-informasi terpenting di kampusnya.
  • Berdasarkan data socialblade, selain memiliki followers yang cukup banyak rata-rata interaksi di akun Instagram UGM juga cukup tinggi. Rata-rata likes 10k dan comment 46. Selain itu rata-rata kenaikan jumlah followers di akun UGM juga tinggi yaitu sebesar 220 followers setiap harinya.
  • Brawijaya (272 ribu), ITB (266 ribu), dan UNPAD (254 ribu) berada di posisi 3, 4, dan 5 setelah UGM dan UI dengan jumlah pengikut Instagram terbanyak.
  • Universitas swasta jauh lebih aktif untuk memproduksi konten di Instagram jika dibandingkan dengan universitas negeri. Telkom University, Universitas Atmajaya, dan Trisakti berada di posisi 3 teratas dengan jumlah konten Instagram terbanyak (4000+ post
  • Walaupun jumlah pengikutnya tidak tertinggi, Universitas Airlangga (167 ribu pengikut) memiliki konten Instagram yang cukup menarik. Salah satunya adalah konten yang membahas 5 ciri-ciri startup yang menjanjikan untuk mendapatkan investasi, dengan jumlah likes hampir menyentuh 2000.

Temuan Mendalam di Twitter

  • Di platform Twitter, UI dan UGM memiliki lebih dari satu juta followers.
  • Selain UI & UGM yang berada di posisi #1 dan #2, di posisi 5-besar berjejer UNPAD (973 ribu), ITB (922 ribu), dan juga IPB (740 ribu) yang memiliki jumlah followers Twitter universitas terbesar di Indonesia.
  • ITS menjadi universitas yang paling banyak “ng’tweet” dengan total 84 ribu kicauan. Diikuti oleh UI, Telkom University, dan Universitas Airlangga dengan jumlah rata-rata kicauan (tweet) atas 26 ribu.
  • UI menggunakan Twitter untuk menyampaikan update terkait kegiatan civitas akademika UI. Selain itu, Twitter juga menjadi media untuk menjawab pertanyaan pengikutnya/customer service (lihat di sini).
  • UGM menggunakan Twitter sebagai salah satu media promosi portal berita https://ugm.ac.id/id/berita/ , yang informasinya juga dapat dinikmati masyarakat umum misalkan 2.021 Unit GeNose C19 Siap Didistribusikan
  • Menempati posisi ke #5, IPB memiliki beberapa content pillar di Twitter yang terwakili dengan hashtag #BeritaIPB, #MasukIPB, #SpotIPB, #IPBTips.

Temuan Mendalam di LinkedIn

  • Berdasarkan data dari LinkedIn “Post” untuk 3 universitas dengan followers terbanyak, hanya UGM yang cukup aktif untuk memproduksi konten di LinkedIn. Konten terakhir yang UGM buat adalah 3 minggu lalu (lihat di sini). Sedangkan untuk ITB konten terakhir dibuat 1 bulan lalu (lihat di sini). Untuk UI konten terakhir dikeluarkan 2 tahun lalu (lihat di sini).

Temuan Mendalam di YouTube

  • ITB yang menempati posisi pertama sebagai universitas dengan jumlah YouTube subscribers terbesar (100 ribu, silver play button!) dan total video view sebesar 8.5 juta. Salah satu strategi konten yang dilakukan ITB adalah membuat seminar atau Stadium Generale mengundang para ahli dibidangnya. Salah satu contohnya adalah dengan Okky Madasari – Sastrawan.
  • Berdasarkan data dari Socialblade, Universitas Udaya memiliki channel YouTube paling aktif dengan jumlah videos sebanyak 2.6 ribu dengan total video views sebesar 1.5 juta
  • Salah satu konten yang cukup unik dari Universitas Sepuluh Nopember adalah pertunjukan online dari tim paduan suara mereka di sini.
  • Most viewed video dengan 3.4 juta view adalah video Ari Lasso – Hampa (Live Perform ITS EXPO 2017) yang diupload oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada 9 November 2017 di sini 
  • Most viewed live dengan 3.2 juta view adalah video Meneguhkan Islam Rahmatan Lil’alamin – Ngaji Bareng KH. Ahmad Baha’uddin Nursalim (Gus Baha) live stream oleh Universitas Muhammadiyah Malang pada 14 Juli 2020 di sini

UMN merambah ke dunia video-podcast dengan programnya “Spodcast” yang sudah mencapai 36 episode di sini

At RevoU, we are on a mission to level the playing field. If you can show us a strong desire to learn, regardless of background, education level or previous career, we will help accelerate your career in tech.

Sign Up For Our Newsletter

Editorial Team
Written By

Do you have an article, infographic, podcast, presentation slides, press release or a key individual from your organisation that you'd like to highlight on Marketing In Asia? Head on over to Upload Your Content for more info.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pharmaceutical Multinationals Miss Out On Online Communication Opportunities, Especially At A Country Level

Report

LinkedIn: More Companies In Singapore Prefer To Hire Candidates With Skills, Over Qualifications Like Education Or Experience

Report

Facebook & Adjust On The Global App Economy: Gaming & Entertainment Top Growth Verticals

Report

Randstad Malaysia: Top Companies In The Running For 2021’s Most Attractive Employer Title

Report

Connect
Sign Up For Our Newsletter