fbpx
Connect with us

Subscribe

Originals

Bagaimana Memenangkan Customers Di Era Yang Kompetitif Ini?

Pasar/market tidak akan percaya sampai anda mengkomunikasikan cerita anda secara efektif

Photo by Haryo Setyadi on Unsplash

Marketing atau pemasaran yang efektif menciptakan kepercayaan, atau dapat pula dikatakan, kalau kamu tidak bisa membuat orang untuk percaya, maka mereka tidak akan membeli. 

Dalam dunia bisnis yang kompetitif ini, kisah anda adalah cara yang paling pasti dalam menjadi marketing/komunikator/broker terpercaya, dan bukan hanya sebagai pembuat keramaian (noisemaker yelling).

Liat Aku…“ 

“ Saya Adalah Yang Terbaik… “ 

Tidak, kamu tidak. Dan bahkan jika anda melakukannya, pasar/market tidak akan percaya sampai anda mengkomunikasikan cerita anda secara efektif. Dan, melalui cerita, itu tidak berarti kata–katanya monoton. Melainkan, fokus pada komunikasi strategis yang membawa target pasar anda dalam perjalanan bersama anda.

Merek–merek terbaik melakukan ini dengan cara mengkomunikasikan tiga kisah inti yang menyatukan masa lalu (past), masa sekarang (present), dan masa depan (future). Kami menyebutnya The Three Core Stories / Tiga Cerita Berkesinambungan. Ada tiga cerita yang perlu diperhatikan dalam bisnis agar kita ingin berhasil dalam pemasaran. Apakah ketiga cerita berkesinambungan tersebut? 

  • Founder Story. The story of  “I“ / past. Asal, dari mana anda berasal, mengapa anda ada/exist, transformasi yang membuat anda layak jadi pemimpin, dan apa yang kamu mau dan dapat kamu bimbing.
  • Product Story. The story of “We” / present. Bagaimana produk/layanan anda mengubah kehidupan saat ini, apa yang membuat pembeli merasa istimewa dan unik, mengapa produk anda bagus.
  • Mission Story. The story of “Us “ / future. Bagaimana produk/layanan/perdagangan anda akan menjadikan dunia (kita)  lebih baik , bagaimana dunia merasakan perbedaan ketika kamu ada, perubahan apa yang ingin anda buat dalam dunia ini. Sebuah misi yang layak untuk mendapatkan dukungan.

Apakah kita memerlukan ketiga cerita tersebut? Tidak. Tapi kita harus mempertimbangkan masing–masing cerita tersebut, karena kita akan mempunyai kekuatan dalam pesan pemasaran kita. Sebagai contoh: 

  • Great Founder Story. Cerita founder/pendiri yang hebat akan membuat anda percaya pada pendirinya dan itulah sebabnya iya melakukan apa yang dia lakukan, karena apa yang dia lalui. “Saya percaya. Saya mau itu. Saya mau belajar darinya. Dia adalah pemimpin yang layak.” 
  • Great Product Story. Cerita produk yang hebat akan membuat anda percaya pada produknya dikarenakan R&D yang terus menerus, peningkatan mutu, dan inovasi. “Saya suka kopinya. Interior nya semua mengenai filosofi kopi. Packaging nya unik banget. Oleh karena itu, kalau kita mau ngopi, pasti ingetnya Starbucks. Kalau kita mau makan donut, pasti ingat dengan JCo / Dunkin Donut. 
  • Great Mission Story. Cerita misi besar anda akan membuat orang lain percaya dan ingin menjadi bagian dalam misi tersebut. Elon Musk mempunyai Tesla, perusahaan tenaga matahari miliknya, dan SpaceX – Dia ingin menyelamatkan dunia/planet ini dan semua orang ingin menjadi bagian dari misinya. Itu sebabnya ia adalah Elon Musk. Dan itu sebabnya dia adalah unicorn.” 

Apakah anda mempunyai cerita pendiri hebat yang belum anda bagikan? Bisakah anda membuat cerita produk anda lebih kuat? Bisakah anda mulai membagikan segala informasi tentang merk anda dan apa yang dunia akan rasakan / bagaimana dunia akan merasakan perbedaan karena anda ada dalam misi tersebut.

Kombinasi dari cerita–cerita ini harus menjadi dasar untuk pemasaran anda (marketing), pengiriman pesan (messaging), dan semua yang anda lakukan, jika anda ingin menarik pelanggan dan mengembangkan bisnis anda.

Sign Up for Our Newsletter

Nadia Devita Oktarini

Nadia Devita Oktarini left the construction industry to pursue her passion in the food and beverage business. Currently, she is the Chief Marketing Officer for Chocola Cafe. You may follow her on LinkedIn and website.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

people wearing diy masks people wearing diy masks

Etika Penting Dalam Merangka Strategi Pemasaran Sosial

Marketing

Tidak Perlu Beli Perisian. Ada Cara Mudah Untuk Dapatkan Kedudukan Tinggi Di Google

Azleen Abdul Rahim

Kenali 3 Segmen Pemasaran Strategik Untuk Kempen Periklanan

Khir Khalid

Saya Lakukan Ini Untuk Hidupkan Kembali Laman Blog Yang Lesu

Azleen Abdul Rahim

Connect
Sign Up for Our Newsletter